Info,  Reviews

Yahoo! Messenger 10 Beta

Yahoo! Messenger 10 BETASemalam ketika saya hendak chating dengan seseorang, saya melihat ada info dari Yahoo! Messenger (Y!M) untuk mencoba Yahoo! Messenger versi terbaru yaitu Yahoo! Messenger 10 Beta. Setelah melihat info tersebut, saya langsung mengunjungi link yang diberikan oleh Yahoo! untuk melihat informasi terbaru dari Yahoo! Messenger. Lalu saya mencoba untuk men-download Yahoo! Messenger tersebut pada situs informasi Yahoo! Messenger.

Tetapi ternyata yang saya download adalah downloader untuk installer dari Y!M yang hanya berukuran bebrapa kilobyte. Merasa tidak puas, saya langsung melihat situs favorit software saya filehippo.com dengan harapan ada full installer dari Y!M 10 Beta. Ternyata pada filehippo.com memang sudah menyediakan installer Y!M 10 Beta. Langsung saja saya men-download installer Y!M 10 Beta saat itu.

Setelah saya download, saya langsung meng-install Y!M 10 Beta karena saya penasaran dengan Y!M 10 Beta. Setelah saya install kemudian saya jalankan, ternyata ada sedikit perubahan pada tampilan awal Y!M. Pada tempat login ada tambahan untuk memilih bahasa. Jadi, fitur pertama kali yang bisa saya lihat adalah adanya tambahan menu bahasa untuk Y!M. Kemudian saya mencoba untuk melakukan login. Sayangnya semalam koneksi internetnya malah memburuk sehingga saya tidak bisa login. Karena tidak bisa login, saya langsung tidur dan berniat mencobanya besok pagi.

Yahoo! Messenger 10 BETA (Login) Yahoo! Messenger 10 BETAYahoo! UpdatesTadi pagi, saya langsung mencoba untuk login pada Y!M. Setelah masuk, ternyata ada perubahan juga pada antarmuka Y!M. Kini pada bagian messenger list terdapat dua buah tab, yaitu Contacts dan Y! Updates. Pada bagian Contacts, seperti biasa berisi daftar kontak Y!M. Yang saya suka pada tab tersebut ada sub menu untuk mengatur tampilan dari kontak seperti untuk menampilkan atau menghilangkan tampilan kontak yang offline, menampilkan kontak dalam tipe compact atau detail, dan pengurutan daftar kontak berdasarkan kriteria tertentu. Hal ini membuat navigasi tampilan kontak menjadi lebih mudah daripada versi sebelumnya.

Pada tab Y! Updates, berisi tentang update status dari kontak-kontak dan ada juga update dari status teman-teman yang terhubung melalui Yahoo! Connections dan juga social networking lainnya yang didukung oleh Yahoo! seperti last.fm. Notfikasi pada taskbar tidak hanya menampilkan user online atau offline saja, tetapi juga menampilkan status pada Y! Updates. Hal ini menjadikan notifikasi Y!M menjadi lebih informatif.

Yahoo! Messenger 10 BETA (Chat Window)Tampilan window untuk chat tidak banyak berubah. Hanya terlihat penggunaan ikon-ikon baru pada window chat tersebut. Ikon yang digunakan terlihat 3D sehingga tampil lebih baik.

Kemudian saya mencoba webcam pada Y!M terbaru ini. Tetapi ternyata masih belum banyak perubahan. Tetapi Yahoo! mengatakan bahwa sekarang bisa melakukan video chat dengan kualitas gambar HD (High Definition). Sayangnya belum ada teman yang bisa saya ajak video chat sampai sekarang sehingga saya belum melihat perbedaannya.

Overall, Y!M terbaru ini saya rasa cukup menyenangkan dengan beberapa tambahan fitur baru yang berguna. Walaupun dari segi interface tidak mengalami banyak perubahan. Untuk keterangan lebih lengkapnya, anda bisa lihat pada link ini. Untuk men-download-nya anda juga bisa men-download pada halaman web link tersebut. Tetapi jika anda ingin men-download full installer, anda bisa download pada situs alternatif seperti filehippo.com.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *