Info

Update Tambahan untuk thexwarrior’s Blog (Tampilan Versi Mobile)

Update Logothexwarrior’s blog kini sudah dapat dilihat dengan tampilan versi mobile. ::-P Berkat dukungan plugin wordpress WP Mobile Detector, blog saya kini dapat ditampilkan lebih baik pada mobile browser. Secara otomatis, WP Mobile Detector akan menampilkan blog ini dalam versi mobile jika dibuka menggunakan mobile device atau mobile browser, tetapi juga tetap bisa diganti menjadi tampilan aslinya.

Pada awalnya saya tidak kepikiran untuk membuat blog saya dalam versi mobile, tetapi kemarin teman saya Ismi Badriyah meminta saya untuk membuatkannya dalam versi mobile agar lebih mudah dilihat melalui mobile phone (thanks to Ismi Badriyah) :). Karena itu, pada hari itu juga saya langsung mencari plugin yang dapat mengubah blog saya ke dalam versi mobile. Setelah membandingkan beberapa plugin, akhirnya saya memilih WP Mobile Detector untuk membuat tampilan blog ini dalam versi mobile. Saya memilih WP Mobile Detector karena lebih lengkap dibandingkan dengan plugin untuk mobile yang lain. Selain menyediakan beberapa theme untuk versi mobile, WP Mobile Detector juga dapat menampilkan statistik pengunjung yang menggunakan mobile browser.

Selain update untuk tampilan mobile, saya juga mengganti plugin untuk membuat tab pada widget yang pada awalnya menggunakan plugin Fun With SidebarTabs saya ganti dengan plugin sidebarTabs :-bd. Hal ini dikarenakan plugin Fun With SidebarTabs sudah tidak dilanjutkan lagi pengembangannya. Selain itu, terjadi error jika saya menggunakan lebih dari dua tab. Plugin sidebarTabs pun akhirnya menjadi pilihan saya, karena lebih customize dibandingkan dengan plugin untuk membuat tab yang lain. Pada plugin ini, admin dapat mengubah tampilan dari tab yang diinginkan seperti warna, jumlah tab, icon, dan lain-lain.

Tambahan info, saya juga menggunakan plugin WP Database Optimizer Tools untuk melakukan optimasi databae. Plugin ini menurut saya harus digunakan oleh pengguna WordPress self-hosted (hosting sendiri) :-bd. WP Database Optimizer Tools merupakan tool sederhana untuk melakukan maintenance database untuk blog dengan engine WordPress. WP Database Optimizer Tools dapat melakukan optimasi database seperti menghapus post revision, post in trash, auto draft post, membersihkan komentar spam, komentar yang belum di-approve, dan optimasi tabel database agar ukuran database menjadi optimal. Kemampuan lainnya dari plugin ini adalah melakukan backup dan repair database jika database mengalami masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *