Articles,  Experience,  Tips, Tricks, & Tutorials

Solusi Masalah Kompatibilitas Modem USB HSDPA ZTE MF627 pada Windows 7

Note!
Silahkan download driver & software untuk modem ZTE MF627 di artikel: ZTE MF627 – Windows 7 Driver & Software
Modem USB ZTE MF627 merupakan modem yang saya bilang murah meriah. Dengan harga yang cukup murah anda bisa mendapatkan modem HSDPA dengan kecepatan 3.2 Mbps. Saya juga sudah cukup banyak menjual modem ini. Hasilnya pun memuaskan. Walaupun garansinya hanya terbatas 6 bulan saja, tetapi cukup banyak yang berminat dengan modem ini. Modem ZTE MF627 yang saya dapatkan merupakan ex bundel dari operator three UK. Jadi masih terdapat logo three pada modem tersebut.

Beberapa hari yang lalu, saya menjual modem ini kepada teman adik saya. Seperti biasa, sebelum saya langsung berikan barangnya saya tes terlebih dahulu modem tersbut. Takutnya ada masalah seperti modem tidak dapat mendeteksi kartu, atau sebagainya. Ketika saya tes pada komputer di rumahh saya yang menggunakan sistem operasi Windows XP, modem tersebut terdeteksi dan berjalan dengan normal. Oleh karena itu, saya anggap modem tersebut tidak ada masalah kemudian saya berikan kepada pembeli.

Setelah barang tersebut sampai pada pembeli, pembeli tersebut mengeluhkan bahwa modem tersebut tidak dapat digunakan. Katanya sih tidak bisa mendeteksi kartunya. Akhirnya saya minta kembali modem tersebut kepada adik saya kemudian saya tes kembali. Alhasil, ternyata modem tetap berjalan baik pada komputer saya. Kemudian adik saya berkata bahwa laptop temannya itu menggunakan sistem operasi Windows 7. Tetapi, menurut saya sistem operasi tidak masalah, karena jakartanotebook menyatakan bahwa modem ini dapat berjalan pada Windows 7. Akhirnya saya minta laptop dan modemnya untuk diperiksa.

Ternyata memang benar. Modem ZTE MF627 tidak dapat terdeteksi oleh sistem operasi Windows 7 pada laptop teman adik saya. Kemudian saya coba pada laptop lain dengan sistem operasi Windows 7 juga, hasilnya sama, modem tidak dapat digunakan. Walaupun menggunakan Windows Update, driver tidak ditemukan.

Kemudian saya mencoba untuk melihat website jakartanotebook. Mungkin saja saya akan menemukan driver-nya di sana. Karena biasanya jakartanotebook menyimpan update driver pada situsnya. Setelah saya melihat-lihat review dari modem tersebut, ternyata memang banyak kasus modem tersebut tidak terdeteksi pada Windows 7. Tetapi, ada dua review yang memberikan solusi untuk permasalahan teresebut.

Berikut adalah solusi pertama dari reviewer modem tersebut (Ditulis oleh Christian Vega Computer pada tanggal 08 April 2010):

Cara Install Di Windows 7

Untuk penginstalan pada windows XP pasti tidak ada masalah . Tetapi , bagaimana untuk windows 7 ? Apabila dilakukan penginstallan seperti biasa, pasti anda akan mengalami masalah tidak terdeteksinya sinyal dari kartu . Untuk itu ada trik yang dilakukan untuk menginstall modem ini di windows 7 1. Cabut/Unplug modem anda, kemudian uninstall software yang telah terinstall 2. Tancapkan kembali modem , tunggu sampai dialog autoplay muncul 3. Ketika dialog muncul, pilih untuk melihat isi folder (jangan klik autorun), dan masuk ke folder installasi 4. Klik kanan pada setup.exe, kemudian pilih TROUBLESHOOT COMPABILITY 5. Biarkan proses detect issue berjalan, itu akan berjalan 10-30 detik . Jika lebih lama mohon dengan sabar menunggu 6. Klik TRY RECOMMENDED SETTING, lalu proses akan berlanjut ke RESOLVING ISSUE dan akhirnya itu akan merekomendasikan untuk settingan terbaik 7. Klik START THE PROGRAM, kemudian ikuti langkah2 penginstallan seperti biasa 8. Setelah selesai, cobalah untuk connect ke internet, pastinya sekarang tidak ada masalah dalam deteksi sinyal 9. Klik NEXT di COMPABILITY DIALOG BOX , dan klik YES, SAVE THESE SETTINGS FOR THIS PROGRAM

Melihat review di atas, saya menjadi lega karena saya menemukan salah satu solusi untuk problem modem ini. Tetapi saya masih meneruskan membaca review modem tersebut hingga habis. Ternyata saya menemukan review yang memberikan solusi lebih ringkas lagi. Berikut solusi kedua yang saya temukan pada review modem tersebut (ditulis oleh Ivan Wirawan Setiadi pada tanggal 12 April 2010):

Update Driver Zte Modem Untuk Windows 7

Menurut penjelasan situs ZTE, modem ini gagal diload drivernya di windows 7 karena kurang update, maka mereka menyarankan untuk melakukan upgrade ke driver windows 7. Silahkan baca dan download di : link update driver ZTE Modem (*link saya singkat*) Cara lain ya seperti yang sudah dipostingkan yaitu menjalankannya di compatibility windows xp sp2 Silahkan dicoba – terima kasih JakNot atas modem murah dan berkualitasnya.

Solusi kedua merupakan solusi yang paling mudah dilakukan. Tinggal men-download driver update modem ZTE untuk Windows 7, kemudian install, masalah modem pun terselesaikan. Saya sudah mencoba cara ini dua kali dan berhasil. Modem dan USIM dapat dikenali oleh Windows 7. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda. 🙂

Update (02 Oktober 2011)

Karena link update driver ZTE Modem sudah expired, jadi saya upload filenya di tempat lain. Silahkan download driver ZTE MF627 di sini. Terima kasih. (Thanks to anasyusuf.com🙂

70 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *