Articles,  Experience

Problem Driver Netbook Axioo Pico DJH & Vanbook A1N-70T untuk Windows 7

Kemarin siang saya sedang mencoba untuk menginstall Windows 7 di dua buah notebook, yaitu Advance Vanbook A1N-70T dan Axioo Pico DJH. Karena netbook, saya meng-install Windows 7 dengan menggunakan USB.

Salah satu kelebihan dari Windows 7 adalah dapat mendeteksi driver-driver yang bersifat generik. Jadi, ketika Windows 7 sudah ter-install pada komputer, driver-driver seperti sound, LAN, WLAN, dan VGA akan otomatis ter-install (dengan driver generik bawaan Windows 7). Namun ternyata saya menemukan kendala yang berbeda di kedua netbook yang sedang saya install.

Pada netbook Advance, saya menemukan kendala untuk driver sound. Untungnya ketika diberikan netbook tersebut terdapat cd driver bawaannya. Kemudian saya coba install driver-nya dengan menggunakan driver Windows Vista. Alhamdulillah, akhirnya suara dari netbook Advance pun bisa keluar walaupun dengan driver Windows Vista.

Kemudian satu lagi masalah pada netbok Axioo. Netbook ini memiliki masalah pada driver LAN dan WLAN. Setelah instalasi Windows 7 selesai, kedua driver tersebut sebenarnya terdeteksi, tetapi tidak dapat digunakan. Driver tersebut adalah Realtek RTL8101 Family PCI-E Fast Ethernet NIC untuk LAN dan Realtek RTL8187SE Family untuk WLAN. Kemudian teman saya menyarankan untuk meng-update kedua driver tersebut. Lalu saya mencoba mencari update driver tersebut pada situs resmi Axioo (www.axiooworld.com). Sayangnya di situs tersebut hanya ada driver untuk Windows XP. Kemudian saya mencari lagi ke situs Realtek (www.realtek.com.tw). Pada situs tersebut sebenarnya ada driver yang saya inginkan, hanya saja link yang diberikan sepertinya broken. Saya jadi sedikit jengkel dengan hasil pencarian di situs tersebut.

Kemudian saya mencoba lagi googling kedua driver tersebut. Akhirnya saya menemukan kedua driver tersebut di Softpedia.com. Lalu saya mencoba download driver yang WLAN terlebih dahulu kemudian saya coba install di netbook. Alhamdulillah, Axioo Pico pun dapat mendeteksi keberadaan sinyal wireless. Lalu sekalian saya mencoba mencari update untuk driver LAN-nya. Saya pun menemukan driver LAN Realtek tersebut untuk Windows 7 di Softpedia.com.

Alhamdulillah, kedua netbook yang saya install Windows 7 sekarang bisa digunakan. Saya pun menyukainya, karena Windows 7 berjalan dengan lancar (whuz… whuz… whuz…) pada netbook dengan tampilan grafis yang memukau. Jadi, jika anda memiliki netbook, saya sarankan anda beralih keย Windows 7 dan rasakan kenikmatannya. ๐Ÿ™‚

___________________

*Updated (06/07/2010): Bagi yang ingin men-download driver-driver Advan Vanbook, anda bisa mengunjungi link berikut http://advandigital.com/download.php

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *