Just Bloging

Komentar Murid-murid Kelas 11 Tahun 2012 – SMA Insan Kamil

Sebelum saya mengakhiri profesi saya sebagai guru mata pelajaran TIK di SMA Insan Kamil pada tahun ini, saya memberikan dua bonus untuk nilai tambahan di UAS pelajaran TIK kelas 11. Bonus pertama yaitu menjawab soal bonus yang diberikan dan yang kedua adalah memberikan komentar tentang saya selama saya mengajar mata pelajaran TIK di kelas 11. Sayangnya tidak terlalu banyak murid yang memberikan komentar untuk saya.

Tujuan saya meminta komentar mereka adalah untuk me-review cara mengajar saya. Apakah mereka nyaman dengan metode pengajaran saya atau tidak. Atau untuk mengetahui kekurangan-kekurangan saya ketika mengajar untuk saya perbaiki.

Karena TIK kelas 11 ada yang dua orang yang mengajar, jadi beberapa komentar bukan ditujukan untuk saya yaitu kelas Puji Syukur (PS) yang sebenarnya ditujukan untuk Ust. Mujahid.

Saya sangat berterima kasih kepada murid-murid yang bersedia memberikan komentarnya untuk saya. Komentar kalian akan menjadi kenang-kenangan untuk saya. Berikut adalah komentar-komentar yang saya terima.

Hmm, mau komen apa yaaa ? selama belajar sama ka kamal rasanya. . .Asik, ga tegang soalnya ka kamal ngajarnya santai jadi cepet masuk deh, terus sabar ngajarin kita walaupun kitanya gak bisa-bisa hehee , bahasa yang di pake buat tutorialnya juga ga formal-formal banget jadi kita gampang ngertinya. Yaaa pokoknya belajar TIk di kelas 11 ini asik plus jadi banyak dapet ilmu tambahan, makasih ka kamal Dini Ayu Harisiani (11 IPA 2 | 2012)

menurut saya, selama saya diajar oleh ka kamal semakin bertambah pengetahuan saya tentang adobe photoshop terlebih lagi, mengajarnya cukup jelas tetapi suka kebanyakan tugasnya kak.. , seharusnya bertahap dan agak pelan-pelan soalnya agak susah teori tentang adobe initerus ka kamal on time juga datang untuk mengajarnya dan cukup santai tapi terkadang serius banget jadi suka BT tapi kesimpulannya si dia jar sama ka kamal enak deh , apalagi pas buat ulangannya, thank you so much ka kamal, jadi gampang soalnya ga melenceng-melenceng dari kisi-kisi , tapi itu loh soal bonusnya yg ke-2 membingungkannanti kelas 12 sama ka kamal lagi yah?? , biar gampang ulangannyatapi kalau ulangan hariannya cukup susah juga tuh kak, apalagi yang adobe kemarin, , jadi kurang kan nilainyasemoga ka kamal buat soalnya sama terus ya kak Dwike Agustfiani Andini (11 IPA 2 | 2012)

ka kamal itu kalo ngajar tegas,baik,sabar banget pelajarannya yg di ajarkan juga gampang dan cukup di mengerti lah

soal UKK nya juga sama banget sama kaya kisi-kisinya , jdi kita gampang ngisinya dan moga-moga aja hasilnya bagus
pokonya kalo ka kamal ngajar TOP banget deh Nur Ayu Novianti (11 IPS 2 | 2012)

semua yang diajarkan itu jelas.. klo aku mah sih enak-enak aj klo belajar… termasuk guruku ka kamal itu bagus ko cara ngajarnya..

udah yah.. itu aja comment nya… ga tau lagi apa yg hrus dicomment… maaf yah ka kamal… Sita Nabila Kamelina (11 IPA 2 | 2012)

belajar sama k’kamal asik, kocak, ngocol abis. ga bosen diajarin k’kamal. orangnya juga mau aja lagi dikasih tugas yang itu itu juga sama murid-muridnya. “tugas ngapusin virus di usb!” wakakakak.. sabar ya kaa materi yang dikasih pas banget, belajar Adobe Photoshop CS. pas banget soalnya masa-masa SMA itu adalah masanya orang lagi seneng foto-foto. jadi murid-murid k’kamal yang lagi seneng foto-foto bisa ngekreasiin hasil jepretannya lewat editan Adobe Photoshop. dan aku juga jadi bisa ngedit-ngedit foto aku sama kyuhyun di program itu! wakakak #plak!! tugas-tugas dari k’kamal asik. soalnya tugas yang dikasih itu tugas buat ngedit foto. kan hasilnya juga bisa dinikmatin sendiri. ya kan?? tapii, masalahnya itu buat anak santriat mukim medianya kurang mendukung. kita harus nentuin jadwal kosong lab multimedia buat ngerjain tugas. jadi rada ribet gitu deh. coba kalo boleh bawa laptop.. heheh kasih aku nilai yg bagus yah yah yah.. wassalam.Irma Mardiana (11 BR 2 | 2012)

Diajar ama ka kamal tuh.. gimana yaa bingung nih.. aduh lupa.. gimana dong??

pesan kesannya banyak.. soal soal yang dikasih ka kamal tuh unik unik, apalagi pas smp, masa semua jawabannya ABCD semua, haha trus ada bonus bonus gitcu dech (alay) kaya mau undian apa gitu yaak.. haha
tapi ka kamal tuh bae ya, ada bonusnya tuh buat tambahan.. hhe
daan murid muridnya memang suka bikin ka kamal kesel gara-gara berisik, ya gak? ya gak? :p ntar kelas tiga sama siapaa? hhe sedih deh ga ada bonusnya lgi.. ka kamal guruku yang mengajarkan dengen ikhlas jangan lupakan seluruh santriat XI IPA2 yaa hhe, doakan kita biar jadi maratun sholihah.. amin, okeoke? udah ya segini aja.. trims buat semua jasa jasamu walau tak sebading dengan kelakuanku..Riana Julianti (11 IPA 2 | 2012)

kesan kesan belajar bersama k’kamal ,itu banyak tapi paling berkesan klo pas mau ulangan karena k’kamal selalu ngasih soal bonus yang buat anak harus mutar otak 180 derajat….hehehe

tapi yang penting semua ilmu yg di ajarin k’kamal insya Allah berkah dan bermanfaat………..aminnnnnnnnn Aulia Rahmi (11 IPA 2 | 2012)

Menurut syifa, selama belajar dengan ka kamal di kelas sebelas ini seru banget, cara ngajarnya ka kamal juga bikin kita semangat untuk bisa, kita sekarang jadi tau tentang dasar terbentuknya sebuah program, pascal, dan sekarang kita udah bisa ngedit foto sendiri dengan ilmu yang udah dikasih ka kamal, yaitu ilmu photoshop, thanks ka kamal, makasih udah bimbing kita dan nasehatin kita kalau kita salah, maafin kita kalau selama ini kita selalu buat ka kamal kesel atau tersinggung, syifa salut sama ka kamal, ka kamal sabar banget, meskipun kita suka berisik di lab tapi ka kamal nasehatin kita dengan cara yang baik.

Makasih juga buat ulangan semester ini, senoga kita bisa mendapat nilai yang memuaskan, aamin…
oia, meskipun kelas dua belas nanti kita ga belajar sama ka kamal lagi, tapi kita boleh kan nanya tentang pelajaran selanjutnya sama ka kamal, jangan lupa sama kita ya ka kamal dan sekali lagi syifa minta maaf kalau punya banyak salah sama ka kamal, doakan kami selalu ya ka kamal….. makasih.Syifa Silfani Nurul Rizqa (11 IPA 2 | 2012)

menurut saya, selama saya belajar di kelas 11 barokah adalah merupakan suatu kesempatan yang tidak pernah terduga sebelumnya. dalam hal pelajaran Teknologi informasi dan Komunikasi atau disingkat TIK, saya merasa sangat bersyukur karena Allah telah memberikan sedikit dari ilmu-NYA yang tak terhingga melalui seorang guru yang sangat ahli dalam bidang teknolgi informasi dan komunikasi ini atau disingkat TIK. saya sebelumnya merupakan orang yang awam dalam pelajaran teknologi informasi dan komunikasi atau disingkat TIK. namun, sekarang saya telah memahami seluruhmya dari apa yang telah diberikan oleh Ustadz Kamal Afiat Sarjana Komputer dari Institut Pertanian Bogor yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya dalam bidang keilmuan khususnya bidang Teknologi informasi dan Komunikasi atau disingkat TIK. Dengan metode pengajaran yang UST. Kamal Afiat S.Komp. miliki, saya merasa cukup dapat memahami pengajarannya karena lebih banyak praktik daripada teori yang memusingkan otak ini. Tak lupa, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Al-Ustadz Kamal Afiat Sarjana Komputer dari Institut Pertanian Bogor sebagai Guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mengorbankan waktu, jiwa, raga, dan fikirannya untuk mengajarkan Ilmu yang Allah titipkan Kepada beliau. terimakasih cukup sekian dari saya, mohon maaf bila ada kesalahan kata atau penulisan. wabillahi taufik walhidayah wassalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh. M. Fahmi Yoga (11 BR 1 | 2012)

alhamdullilah semua yang di pelajari sangat jelas banget , bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus bagus deh pokonya jadi termotivasi untuk lebih bersemangat belajar hahaha

kalo soal pengajarnya sih ga usah di tanya lagi ya..
udah pasti bagus,
dan jadi menambah luas pengetahuannya dari mulai belum bisa menjadi bisa
misalnya aja sebelumnya saya belum bisa pemakaian photoshop , dan semenjak di ajarin sama ustad kamal afiat alhamdullilah saya sudah bisa menggunakannya walaupun hanya sebagian sedikit ga banyak banyak amat tapi semuanya saya sangat bersyukur sekali sehingga bisa menggunakannya
contoh lainnya lebih banyak lagi ga bakal cukup sepertinya kalo di tulis di sini
walau pun mungkin ada bab-bab yang membuat otak saya terkuras sehingga saya sempat frustasi
tapi semuanya itu demi kepentingan saya juga
untuk ustad kamal afiat,S.Komp saya sangat berterima kasih sebanyak banyaknya atas apa yang telah ustadz kamal afiat,S.Komp ajarkan kepada saya
sekian saja dari saya mohon maaf kalo saya ada salah dalam semuanya wasalamTungki Rohyadi (11 BR 1 | 2012)

Subhanallah…kalau saya ditanya pengalaman belajar TIK rasanya seperti gado-gado .Saya bukanlah orang yang sangat mahir dalam bidang ini tetapi saya adalah orang yang ingin berusaha untuk bisa dan pantang menyerah. Cobaan bisa datang begitu saja mulai dari rumitnya sistematika pelajaran ,atau ketika sedang niat mempelajari TIK saya dalam keadaan kurang fit ,atau ditegur bahkan dicaci dimaki. Tapi saya hiraukan semua itu ya…karena saking mengedepankan nilai khidmat dan patuh terhadap guru itu.Nilai itu bagi saya bukanlah suatu masalah. Masalahnya adalah jika saya bisa tetapi tidak menghargai gurunya itu. lebih penting khidmat kepada guru daripada nilai bagus tetapi tidak khidmat pada guru.Tidak bisa dengan khidmat lama-lama akan bisa orang yang merasa dia lebih pin tar tetapi malas dan acuh tak acuh dengan guru nya tidak akan majuSaya haturkan ucapan terima kasih kepada Ustadz tercinta Al-Mukarram Al-Ustadz Mujahid,S.T.Lucky Aristio (11 PS 1 | 2012)

Tidak perlu lebay-lebay tapi minimum 100 kata

Yahh, gapapa lah.. itung-itung kaya ada bagian III. Mengarang Kesan saya selama belajar TIK di kelas 11 bersama K’ Kamal :
Mengasyikkan,karena cara mengajarnya enak dan simple. Terlebih lagi didukung dengan fasilitas kelas yang nyaman. Dan materi yang dibahas juga menyenanggkan, tentang Adobe Photoshop, dimana kita bisa mengedit gambar sesuka hati. Pengennya praktik terus sampai benar-benar menguasai.
Untuk kekurangannya saya kira cukup, K’ Kamal sudah memberikan yang terbaik. Hanya saja perlu dirawat lagi fasilitasnya(terutama pc-pc untuk murid), karena banyak virusnya dan berantakan. Ada data saya yang hilang (True Story, USB saya Fubolk atau rusak ).
Yaa, memang itu tanggung jawab bersama untuk kenyamanan bersama. Hanya sekedar saran dan masukan saja.  Terimakasih guruku, sukses selalu.. Btw, Pertamax diamankan. Regards
HasBeenDropNadhif Azmi Fahlevi (11 BR 1 | 2012)

Pengalaman saya selama belajar dengan Ust Kamal Afiyat S.Komp.di kelas 11 ini sangat menyenangkan walaupun ada sedikit masalah tapi bisalah sedikit-sedikit saya cerna….

Cara mengajarnya juga bisa di bawa enjoy…
selain itu juga K’kamal juga orangnya sangat ramah, sopan, berkepribadian teguh…dan masih banyak lagi deh….
Walapun terkadang juga suka sedikit marah….tp marahnya itupun pertanda bahwa K’kamal juga masih sayang sama kita-kita…….
Jadinya saya di kelas 11 ini mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru…. yang dapat membantu saya dalam menyongsong masa depan yang lebih baik…Aminnn…..
Oh iya….
K’kamal…saya sebagai perwakilan dari kelas 11 Br A..mengucapkan terima kasih untuk selama ini karena telah mengajarkan kami tanpa pantang menyerah dan mudah-mudahan pengajaran yg diajarkan k’kamal selama ini tidak sia-sia…Aminnn dan moga2 nggak nyesel telah mengajar kita semua….hehehe
GOOD LUCK ya K’kamal… mudah-mudahan bs menjadi orang yg lebih baik lagi dari pada sebelumnya……
Wassalam……Firdaus Pratama (11 BR 1 | 2012)

menurut saya belajar sama ka kamal itu asyik, mudah dimengerti, engga terlalu cepat dan masih banyak deh hehehe.Dari awal pertama masuk kelas 11 belajar TIK sama ka kamal sampai saat ini mau kelas 12 alhamdulillah ilmunya masuk . Isti mau ngucapin terima kasih banyak udah menjadi guru yang sabar, semoga ilmunya selalu berkah amin yaAllah Isti Rizkianti (11 IPA 2 | 2012)

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarokatuh sebelumnya makasih banyak untuk guru-guru TIK di inka yang sabar dalam mengajar dan menghadapi murid-murid yang beragam sifat, kepribadian dll.(terlalu baku)

Naaah, selanjutnya dikhususkan terimakasih ini untuk guru TIK terkece Ust. Mujahid yang telah menjadi guru kelas saya hampir setahun dan Ka Kamal yang udah baik, mau ngasih kisi-kisi TIK dan memberikan soal dengan metode yang nggak monoton, jadi ngerjainnya ga ngantuk dan beda dari yang lain pokoknya, soalnya seru, dan karena saya seneng pelajaran TIK,, jadi saya antusias mengerjakan soal bonus yang sederhana, ga aneh-aneh, tapi banyak ngasih pelajaran~
Asiknya itu karena, selain mengetes kemampuan TIK, juga diberi cukup wawasan mengenai ilmu agama dan kecerdikan dalam menebak soal bonus. Sejauh ini, mungkin salah satu ujian yang ga akan dilupakan adalah Ulangan TIK karena selalu menjadi cerita dan pengalaman setelah menjadi alumni dan semua itu akan dijadikan sebagai pembelajaran yang sangat memberikan manfaat.
Terus, maaf ya Ust.Mujahid kalau selama ustad mengajar saya mungkin pernah buat sakit hati, atau ga nurut, atau ada ucapan yang gaenak hati dsb… tapi jangan sampe ada deh, hehe maaf tad hehehe
Untuk guru-guru TIK kedepannya, tetaplah sabar dalam mengajar, istiqomah, makin kompak, makin lah hi-tech (?) daaaaaan makin jaya!! huehehe
semoga ilmu TI nya tetep ngalir dan memberikan manfaat untuk semuanya…
Cukup mungkin komen dari saya
Wassalamualaikum warrohmatullah wabarokaaaaaaatuh  Chairani Ridha Maghfira (11 PS 2 | 2012)

selama belajar sama kak kamal satu tahun ini menurut fitri cara belajarnya asyik, beda sama mata pelajaran lain yang suka terlalu serius sama monoton gitu. cara ngajarnya juga enak, cepet, santai, tapi mudah dimengerti.

trus enggak pelit nilaai pokoknya asyik deh diajar sama kak kamal.
makasih kak kamal buat ilmu yang udah ditransfernya selama ini. maaf-maaf kalau kita sering buat kesel dan lain-lain.
makasih kak kamaal, assalamualaikumFitri Nur Destiani (11 IPA 2 | 2012)

kesaan saya selama belajar TIK bersama k’kamal enak … dan alhamdulillah saya jadi bisa menggunakan photoshop dengan baik … dan terima kasih kpd k’kamal yang dengan sabar mengajari saya photoshop hingga saya bisa mengerjakan soal ulangan tadi hehehe … Maulana Rangga Mustafa (11 BR 1 | 2012)

belajar sama kak kamal selama kelas 11 ini rasanya fun banget. tutorial-tutorial yang udah kak kamal ajarin berguna banget loh cara ngajarnya kak kamal juga simple dan jelas, bikin murid-muridnya jadi gak males belajar. yaaa walaupun kadang suka bingung sendiri kalo kak kamal udah ngomongin hal-hal tentang IT, tp itu malah bikin saya yang tadinya gak tau jadi tau, yang tadinya gak ngerti jadi ngerti hahaha dimaklum ya kak saya termasuk salah satu orang yg gaptek hehehe

makasih buat semua ilmu yang udah kak kamal ajarin ke saya dan temen-temen yang lainnyaaaaaa, semoga bisa bermanfaat buat orang lain nantinya
woyaaaaa kalo nanti dapet murid baru, misalnya dikasih ulangan dan ada bonusnya, please banget ya kak jangan kasih bonus yang susah-susah kasian nanti kelimpungan nyari taunya hahaha
sukses terus kak kamaaaaaal! man jadda wa jadda!
wasalamAthaya Talitha S Awaliah (11 BR 2 | 2012)

Kesan selama Belajar TIK sama K’ Kamal Sangat menyenangkan, tapi kadang juga suka ngebuat BT hehe (Gomenasai)  Pengetahuan saya dengan Adobe Photoshop CS (Sotosop asik bahasa gaul LOL )semakin bertambah setiap pertemuannya, buat yang suka ngedit foto jadi bisa terbantu juga. Sugoi Mo ichido.. Sugoi desu yo!!  Saran saja ini tolong komputer di Lab harap di rawat, Bener apa kata teman – teman diatas Banyak Virusnya  Domo Arigato gozaimasu sensei M. Luthfi Hanif (11 IPS 1 | 2012)

kesannya, selama di ajar sama Ka Kamal Afiat tuh…. wuihh….. keren abis, ga ngebosenin, ga bikin galau, apalai pas dapet modul photoshop, rasanya kayak dapet kiriman dari surga (lebay mode on) pokoknya, pelajarannya mudah dipahami, dimengerti, dan diamalkan banget. jangan bosen untuk ngajar kita di kelas 12 nanti yah (insya Allah). soal ulangannya juga top markotop banget,  jazakumullahkatsiron

wa ‘asallah anyahfazukum fi hayatikum Asri Maulida Artanthy (11 BR 2 | 2012)

AssalamualaikumSungguh di kelas 11 ini pelajaran TIK luar biasa banget banget banget banget. Walau pelajarannya sulit, tp karena yang ngajarinnya Kak Kamal jd serasa mudah easy cetek pokoe maknyuuussss deh..

Saya ber terima kasih banget di ajarin program Adobe Photoshop cs skrg jd ngertilah buat ngedit-edit foto.
Kak Kamal is the best dehM. Yahya Fadhil (11 BR 1 | 2012)

Kesan belajar sama ka kamal itu seru..pembahasannya keren-keren..semua diulas, sekali belajar dibabat secara “singkat”. Saking singkatnya, maaf suka nanya lagi tentang tutorialnya..saking singkatnya juga, sering banget ulangan dadakan..kecolongannya sampai dua kali ulangan..

Apa lagi ya?? Oh iya, ajarin lagi beberapa tutorial sampai spesifik, kejelasannya cukup..
Setiap ulangan kasih soal bonus yang super spesial dan gila..oke apa lagi??
Kalau ada kabar baik, secepatnya kasih info ka, thanks kaSyarifah Aini (11 BR 2 | 2012)

Assalammu’alaikum wr.wb

Pertama-tama saya panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SAW yang telah memberikan saya nikmat iman, ilmu dan taufik.
Solawat serta salam tak lupa saya panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW dan kepada pengikutnya, tabi’in tabi’at serta kita selaku umatnya hingga akhir zaman.
Pengajaran yang di berikan ka Kamal sangat baik, dengan materi adobe photoshop yang di berikan. Andai waktu datang ke saya lebih cepat, mungkin saya bisa mengikuti pengajarn dari awal. Tapi takdir berkata lain, mohon maaf apabila saya masih kurang dalam materi ini. Karna basic awal pun saya tak punya. Tapi saya berharap di lain hari ka Kamal dengan senang hati bisa mengajarkan saya Adobe photoshop.Syukron…
Wassalammu’alaikum wr.wb     Muhammad Ronal Sahbana Koswara (11 BR 1 | 2012)

Mending deh di suruh komen panjang di komputer.

Dari pada Bhs inggris, indonesia, sama sunda di kertas ulangan. Komen apa yah??..
Pengalaman belajar sama ka Kamal, lumayan seru. Dari yang engga tau sama sekali tentang Photoshop, dan sekarang udah bisa walaupun masih awam.
Tutorial Photoshop dasarnya juga lumayan, walaupun kadang bikin bingung.
Ka Kamal ngajarnya lebih ditingkatin lagi.
Maksih sama ka Kamal udah ngajarin kita semoga dapet hikmah dan barokahnya.
Terus fasilitas lab-nya di tambahin lagi. Banyak data-data engga jelas di komputer dan suka ada virus di komputernya.
Thanks ya Ka Kamal. Vicky Kurniawan (11 BR 1 | 2012)

*jengjereeeng* setuju dengan komentar sebelumnya, ulangan TIK itu memang jadi cerita tersendiri buat kita. mulai dari bahan ulangannya ga terlalu memberatkan, ada kisi” bahkan dengan jawabannya juga dan dipelajaran lain itu ga ada sistem bonus yg kaya begini. diluar dugaan dan lagi” menyenangkan! awalnya mikir” dulu pas mau buka blog ini, ntar viewers blognya terlalu banyak (?)rugi ah haha. tapi in the end dibuka juga^^ nah kalau tentang guru TIK aku mulai dari Ustd. Muja dulu deh.. menurut aku Ustd. Muja itu baiiik bgt. ngajarnya sabar, ga kaku dan pengertian sama kita T.O.P banget deh Ustd. Muja itu nah kalo ka kamal, itu guru ekskul e-comp aku. orangnya itu…. yaa gitu deh. dan gamers abis . pokoknya kalian ga bakal nyesel kenal sama dua guru TIK ini itu ceritaku apa ceritamu?Sekar Citrayuliani Cahyaningtyas (11 PS 2 | 2012)

assalamu’alaikum wr.wb.

sebelumnya ardi mau ngucapin banyak terima kasih sama ka kamal karena telah mengajar kurang lebih selama setahun. mohon maaf kalau selama kak kamal ngajar ada murid yang bikin ka kamal kesal atau sampai marah. hm belajar sama ka kamal enak ko engga terlalu cepat, dibawa santai tapi juga serius hehehe. insyaAllah materi yang udah ka kamal ajarin ke ardi ilmunya masuk, makasih ka kamal Ardiansah (11 IPS 1 | 2012)

kesan saya selama belajar dengan ust.Mujahid lumayan asik walaupun kadang sedikit bertele” misalnya kita udah di kasih tutorial buat bikin sesuatu nah tapi malah dijelasin lagi dan biasanya makan waktu banyak tapi itu gamasalah malah bagus jadi bisa langsung liat contoh tapi tetep aja makan waktu kalo sama ka kamal saya belum pernah diajar semoga aja nanti sempet jadi bisa tau cara mengajarnya gimana bisa diliat sih dari pola ulangan udah menarik pake bonus” ini itu. oh ya hardwarenya di lab tik atau di multimedia sedikit kurang dijaga ya, banyak yang rusak ini itu curhat nih >> waktu smp lagi latihan banyak banget tiba” listriknya mati sekejap kayanya sih power supplynya udh down jadinya latihan yang banyak itu ludes tanpa sisa belum disave, jadi semenjak itu tiap 2menit sekali saya save kerjaan saya apapun itu, ngajar sih udah bagus tinggal ditingkatin lagi keefektifannya sip sip [emptybox] Maulana Abdul Azis Hakim (11 PS1 | 2012)

kesan diajar ama ka kamal enak, menyenangkan..

ngajarnya nyantai tapi serius, jadi gampang nerima pelajarannya..
saya yang tadinya ga ngerti photosop, sekarang alhamdulillah jadi ngerti cara-cara ngedit foto.. yahh..,emang ada juga sih yang masih rada pusing :pbuat ka kamal makasih udah mau sabar ngajarin.. maap ya kalo kurang panjang ato ada yang salah Gigih Yuspiansyah (11 BR 1 | 2012)

kesan nida selama diajar sama ka kamal selama kelas 11 ini, asik yah, udah gitu ka kamal kalau ngajar dan kalau ngasih tutorial pake bahasa yang ga terlalu formal, jadi mudah di pahami, dan ka kamal juga sabar. ga jarang juga diantara kita kalau pas lagi diterangin materi sama ka kamal, suka ga ngerti, dan suka diterangin ulang. dan santai juga, apalagi materi kelas 11 ini tentang Adobe Photoshop. awalnya nida gatau cara pakai photoshop itu gimana, dan bagi nida susah. tapi setelah di ajarin,belajar, dan dikasih tutorialnya sama ka kamal, jadi tau, sekarang, cara edit foto pakai photoshop itu gimana.dan ternyata asik, hasilnya pun bagus. terimakasih ka kamal, sudah mengajari kita semua dengan kesabaran , keihklasan, dan membuat kita semua yang tadi nya mungkin ga tahu jadi tahu tentang materi yang ka kamal ajarin. dan semoga dengan ilmu yang ka kamal kasih ini, bisa bermanfaat untuk orang banyak dan khusunya untuk diri kita sendiri. Nida Amalia (11 IPA 2 | 2012)

walaupun nilai nya cukup memuaskan tapi ga salah kan kalo mau nambah lagi haha… tapi bener loh kak kamal di tambahin nilai nya, udah bela belain ke warnet+ bikin 25 ager buat ultah nya ka kamal ke 25. apadeh ga nyambung. yg penting 100 kata deh
dari kecil ga terlalu suka sama komputer apalagi pake ada pelajaran nya lagi, komputer itu RIBET kadang ga sesuai sama apa yang kita mau tapi semenjak sekolah disini dan ketemu guru TIK yang kece kece seru ngajarnya ga ngeribetin cara ngejelasin nya asik meski langsung praktek dan kandang bingung sendiri , tapi berkat modul yang easy to understand lama lama jadi suka dan asik sendiri sama komputer. apalagi pelajaran di kelas 11 ini edit2 foto, paling asik berhubung narsis sendiri pas lagi praktek selalu pake foto sendiri hehehe.. kadang suka malu pas ngumpulin sama kak muja hehe . oh ya ka muja itu kece haha. dari muka nya kalem kalem gitu tapi ternyata tegas. (sedikit galak) hehe dan karena itu kita jadi ga males2an/ santai2 ngerjain nya. thats all… thank you so much ka muja & ka kamal Thea Adelina (11 PS 2 | 2012)

4 Comments

  • atha

    misi mas, numpang kepo :p
    aku juga dong mau komentar

    DAROJATUL AZKAA – 12 IPA 2 *biar mudaan dikit lah* hahaha

    kalo aku jadi mereka aku bakal ngasih komen gini:
    belajar sama ka kamal asik banget, udah mah gurunya ganteng :p baik :p dan rajin menabung :p
    dan tidak pernah lupa sama muridnya yang cantik yang satu ini 😀

    sebenernya, komen ini modus sh biar dapet nilai gede
    kan soal bonus, jadi nilainya mesti bonus juga dong 😀 :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *